Rabu, 14 Desember 2011

Balikpapan Riwayatmu dulu hingga kini

sahdankalahari@gmail.comTak berlebihan kiranya jika saya berbagi sedikit mengenai informasi dan catatan kecil yang saya rangkum dari berbagai sumber mengenai kota Balikpapan (sejarahnya dari dulu hingga kini), mungkin sebagian rekan - rekan masih ada yang bertanya dimana itu balikpapan dan seperti apa kota itu..?
apa saja yang ada di Balikpapan
sengaja saya menulis artikel kecil ini sekedar untuk memperkenalkan lebih luas lagi, seperti apa dan ada apa di kota kecil ini, apa yang menjadi daya tarik kota ini sehingga hampir semua suku dan ras ada disini, seperti dalam kutipan catatan kecil tentang sejarah balikpapan di bawah ini (yang saya kutip dari sumber http://www.balikpapan.go.id/index.php?option=com_balikpapan&task=sejarah)

Nama Balikpapan kurang jelas kapan berasal dan apa makna nama itu. Menilik susunan katanya dapat dimasukkan ke dalam asal kata bahasa Melayu. Menurut buku karya F. Valenijn pada tahun 1724, menyebut suatu daerah di hulu sebuah sungai di sebuah Teluk sekitar tiga mil dari pantai, desa itu bernama BILIPAPAN. Lepas dari persoalan ucapan maupun pendengaran, jelas bahwa nama tersebut dikaitkan dengan sebuah komunitas pedesaan di teluk yang sekarang dikenal dengan nama Teluk Balikpapan.
Terdapat beberapa versi terkait dengan asal-usul nama Balikpapan :
1.    Versi Pertama ( Sumber : Buku 90 Tahun Kota Balikpapan yang mengutip buku karya F. Valenijn tahun 1724 )
     Menurut legenda asal nama Balikpapan adalah karena sebuah kejadian yang terjadi pada tahun 1739, sewaktu dibawah Pemerintahan Sultan Muhammad Idris dari Kerajaan Kutai, yang memerintahkan kepada pemukim-pemukim di sepanjang Teluk Balikpapan untuk menyumbang bahan bangunan guna pembangunan istana baru di Kutai lama. Sumbangan tersebut ditentukan berupa penyerahan sebanyak 1000 lembar papan yang diikat menjadi sebuah rakit yang dibawa ke Kutai Lama melalui sepanjang pantai. Setibanya di Kutai lama, ternyata ada 10 keping papan yang kurang (terlepas selama dalam perjalanan)"Jenebora". Dari peristiwa inilah nama Balikpapan itu diberikan (dalam istilah bahasa Kutai "Baliklah - papan itu" atau papan yang kembali yang tidak mau ikut disumbangkan). dan hasil dari pencarian menemukan bahwa 10 keping papan tersebut terhanyut dan timbul disuatu tempat yang sekarang bernama


2.    Versi Kedua ( Sumber : Legenda rakyat yang dimuat dalam buku 90 Tahun Kota Balikpapan)
     Menurut legenda dari orang-orang suku Pasir Balik atau lazim disebut Suku Pasir Kuleng, maka secara turun menurun telah dihikayatkan tentang asal mula nama "Negeri Balikpapan". Orang-orang suku Pasir Balik yang bermukim di sepanjang pantai teluk Balikpapan adalah berasal dari keturunan kakek dan nenek yang bernama " KAYUN KULENG dan PAPAN AYUN ". Oleh keturunannya kampung nelayan yang terletak di Teluk Balikpapan itu diberi nama "KULENG - PAPAN" atau artinya "BALIK - PAPAN" (Dalam bahasa Pasir, Kuleng artinya Balik dan Papan artinya Papan) dan diperkirakan nama negeri Balikpapan itu adalah sekitar tahun 1527.

terlepas dari benar tidaknya kedua versi sejarah di atas, kini balikpapan telah menjelma menjadi
kota yang mengalami kemajuan yang cukup pesat, kenyataan yang tidak dapat di pungkiri dan
memang inilah faktanya, tetapi saya heran kenapa hampir sebagian teman - teman di luar
pulau kalimantan terutama dari wilayah sebagian jawa, dan sumatera (bahkan calon istri saya
yang asal jatim pun) masih sering bertanya kepada saya.
seperti apa kota balikpapan itu, masih berwujud hutan yang lebat atau kota kecil yang
seukuran dengan ibukota kecamatan, sungguh satu pertanyaan yang memang harus  dijelaskan
bukan dengan lisan tetapi dengan tulisan yang di lengkapi gambar visual dan sebagainya
tentang balikpapan.
(hal ini bisa saya maklumi sambil sedikit mengelus dada sebelah....hehheheee) karena sekalipun
zaman sudah internet bisa saja info dari berbagai sumber tentang Kota Balikpapan itu  sendiri
masih sulit di dapat karena terbatasnya waktu dan promosi dari pihak yang berwenang di kota
Balikpapan...(heheheee biasa kaya ga' tau birokrat aja, ada tugas ada fulus)

Balikpapan menjadi salah satu kota terpenting yang ada di wilayah kalimantan timur,kota yang terletak pada posisi diantara 1 derajat LU – 1.5 derajat LS dan diantara 116,5 derajat BT – 117 derajat BT dengan luas wilayah 503,3057 km2 yang berbatasan langsung dengan kota - kota lain di kalimantan Timur dengan :
  •  Sebelah Utara berbatasan dengan Kota Samarinda dan Kabupaten Kutai
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Selat Makasar
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Selat Makasar 
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Pasir

Kota yang berpenduduk kurang lebih 621.862 jiwa dari data kependudukan/ 30 desember 2009.yang di bagi dengan prosentase 604.730 jiwa WNI, WNI sementara 15.669 jiwa, WNA 63 jiwa, dan WNA sementara 1.400 jiwa ini sudah menjadi ladang perseteruan dua negara besar jepang dan australia (sekutu) dalam perebutan kepentingan penguasaan ladang minyak pada masa pergolakan 1940 yang terjadi di kota Balikpapan.
bermula dari di temukannya sumur minyak mathilda yang di eksplorasi pada tanggal 10 februari 1897 oleh perusahaan minyak yang pada masa itu masih di bawah kendali kolonial belanda, pelan tapi pasti denyut nadi perekonomian kota balikpapan pun membawa ke arah perubahan hingga kita mengenal balikpapan hingga saat ini.
dengan potensi dan sumber daya alam yang besar dan potensi sumber daya manusia yang terbatas pada masa itu, akhirnya pihak pemerintah kolonial belanda pada masa itu mendatangkan sejumlah tenaga kerja dari sumatera, jawa, dan sulawesi, maluku, flores dll serta ditambah beberapa tenaga ahli dari eropa dan amerika pada masa itu, (tak salah kiranya jika kita menyebut balikpapan sebagai miniatur kecil indonesia, karena keberagaman itupula bahasa pengantar sehari - hari penduduk balikpapan dari dulu hingga kini adalah bahasa indonesia) dan kesemua itu dapat hidup berdampingan di tengah - tengah kearifan budaya asli dari berbagai suku yang ada di kalimantan (seperti kutai, dayak, banjar, dan suku asli balikpapan sendiri yaitu suku pasir balik yang kini lebih banyak menetap di wilayah yang dahulu bernama balikpapan seberang atau di kab penajam paser utara kini'').

sekilas tentang balikpapan dari masa lalu telah saya tulis di atas (jika kurang lengkap silahkan kunjungi situs ini http://www.balikpapan.go.id/index.php?option=com_balikpapan&task=penduduk), dan kini balikpapan telah menjelma, menjadi jalur pintu gerbang utama perekonomian di wilayah kalimantan timur, bahkan kota transit (persinggahan) menuju ke pintu gerbang wilayah indonesia bagian timur (makassar - sulawesi selatan, maluku, dan papua).

itu sebabnya saya jadi sering bingung jika ada rekan - rekan yang bertanya ke saya dengan kalimat "saya denger katanya balikpapan itu masih di kelilingi hutan lebat dan jauh dari hingar - bingar dari suasana kota yang sesungguhnya"...(hehehheee sambil tersenyum saya jawab sebelum sumur minyak mathilda di eksplorasi pada tahun 1879 saja aktifitas perekonomian di balikpapan sudah ada jauh sebelumnya, saat masih di bawah wilayah kerajaan kutai kertanegara, bahkan peristiwa pemboman kilang minyak di masa perang jepang melawan sekutu denyut perjuangan rasa cinta tanah air sudah ada kota balikpapan, hanya saja sejarah yang disusun bahkan yang di pelajari di bid studi PSPB saat kita masih duduk di bangku SD jarang sekali di temukan atau ditulis, bahkan tidak ada sama sekali)

nah sekilas tentang balikpapan sudah saya gambarkan tentang balikpapan saat ini jika anda terbang menggunakan transportasi udara tujuan Bandara Hasanudin makassar (sul - sel) pasti anda akan transit di Bandara Sepinggan Balikpapan. atau jika anda menggunakan transportasi laut dari tanjung perak surabaya menuju makassar pasti anda juga akan transit di pelabuhan semayang balikpapan.

dan sedikit info lucu jika ada teman pecinta alam (pendaki gunung) bertanya kepada saya "katanya di balikpapan itu kota yang paling banyak gunungnya, tetapi dia heran kenapa yang tercatat di dalam peta atlas hanya gunung kinabalu (di perbatasan indonesia - malaysia - brunei) dan gunung - gunung besar di pulau jawa, sumatera, sulawesi, maluku kok gunung - gunung di balikpapan tidak termasuk di peta"...??? maka dengan semangat berapi - api sayapun menjelaskan sebagai seorang pendaki kamu belum klop deh kalo belum mendaki gunung - gunung yang ada di balikpapan, dan nama - nama gunung yang ada di kota balikpapan hampir sebagian belum pernah saya temui di manapun (di balikpapan itu ada gunung polisi, gunung pipa, gunung meriam (dahulu bernama gunung tai), gunung malang, gunung bahagia, gunung bakaran, gunung pasir, gunung empat, gunung satu, gunung dua, dan tiga masih diselidiki keberadaannya) begitu aku menjelaskannya ke kawan yang memang belum pernah tahu sama sekali tentang kota balikpapan, dan terbukti seiring waktu ternyata dia benar - benar manetap di kota ini sekarang, karena rasa ketertarikannya dengan gunung - gunung itu sekalipun dia sadar bahwa dahulu saat masih di jogja dia sudah saya bohongin mengenai cerita gunung tadi yang sesungguhnya adalah nama kawasan atau wilayah bahkan nama jalan di kota balikapapan....heheheheee (gimana kabarmu kawan semoga betah jadi warga negara kota balikpapan).

wah sepertinya aku terlalu panjang lebar nih menulis tentang kota balikpapan, ehhhh tapi beneran nih balikpapan itu bener ada lho dan berwujud sebuah kota kecil alias mini metropolis, dangan kemacetan di mana - mana walau tak separah kota - kota besar jakarta, surabaya, bandung (dan semoga saja tidak separah itu...hehehhehee), di kota balikpapan ini juga sekarang apa saja tersedia dengan keramahtamahan dan senyum persaudaraan bukti sahih yang menyebabkan jika balikpapan ini sudah padat penduduk dan pendatang selain itu penuh dengan gedung - gedung perkantoran, apartemen, hotel mewah, dan mall yang uniknya terletak di kawasan pesisir pantai lumayan sambil belanja atau plesiran sekaligus cuci mata melihat suasana teluk balikpapan yang berbatasan langsung dengan selat makassar.

nah mungkin sampai sini dulu ya sedikit info tentang kota balikpapan, padahal sebenarnya saya menulis artikel kecil ini hanya untuk menjawab pertanyaan teman - teman saya yang jujur sejatinya mereka belum tahu banyak mengenai informasi kota balikpapan itu seperti apa dan apakah benar masih terletak di kawasan hutan belantara kalimantan atau berada di sebuah pulau di tengah laut. semoga artikel ini bisa menjawab ketidaktahuan rekan - rekan tentang kota balikpapan.

salam SATU NUSA SATU BANGSA
selamat datang di kota Balikpapan

artikel kecil sahdan kalahari
(data dikutip dari berbagai sumber tentang kota balikpapan)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang

Terima kasih telah bersedia mengunjugi laman blog saya, dan koreksi serta tanggapan dari anda sangat saya butuhkan untuk lebih kritis dan lebih baik lagi di masa datang

Thank's

Mengenai Saya

Foto saya
salam damai dan persahabatan.